Notification

×
Copyright © Terdepan Mengabarkan Tentang Indonesia

Kuliner

Iklan

Kompetisi layanan internet kian tajam

FEC Media
Senin, 14 Februari 2022, Februari 14, 2022 WIB

Sambas



Banten,  Detakterkini.com - Kompetisi layanan antara perusahaan penyedia jasa internet (internet service provider/ ISP) kian tajam di tengah pandemi yang memang banyak dibutuhkan masyarakat.




"Internet akhirnya tetap menjadi tumpuan pelbagai aktivitas di masa pandemi ini. Buntutnya dari peningkatan kebutuhan internet di rumah tangga, kompetisi penyedia layanan internet terutama fixed broadband menjadi semakin ketat," ujar Don Rozano, General Manager Enciety Business Consult dalam keterangan terulis, Minggu. 




Semua penyedia layanan internet memberi janji-janji untuk melayani pelanggan dengan prima. Namun, seperti apa yang dirasakan dan diterima pelanggan sesungguhnya?



Hal ini penting dipahami masyarakat karena di tengah pandemi seperti sekarang ini hampir semua aktivitas harus dilaksanakan di rumah yang tentunya mengandalkan kecepatan internet.



Enciety Business Consult (EBC) rutin melakukan pengukuran kecepatan internet pada beberapa pelanggan dari 9 provider penyedia layanan fixed broadband di Indonesia. 



Hasilnya menunjukkan, dalam periode Juni hingga Desember 2021, beberapa ISP memiliki kesenjangan kecepatan antara upload dan download yang semakin lebar, namun ada juga yang mampu memperkecil kesenjangan tersebut. 



Seperti IndiHome yang sedari awal memang tidak menawarkan kecepatan upload dan download yang simetris. Namun justru tren selisih kecepatan upload dan download IndiHome semakin menyempit. 



Jika pada bulan Juni 2021 kecepatan upload IndiHome paket 20 Mbps sebesar 3,70 Mbps dan download 18,32 Mbps (selisih sekitar 14,62 Mbps), maka pada Desember 2021, kecepatan upload-nya menjadi 7,69 Mbps dan download-nya 21,43 Mbps (selisih 13,74 Mbps). 



Dengan semakin menyempitnya selisih tersebut membuat rasio upload dan download IndiHome yang 6 bulan lalu 1:5 menjadi 1:3. 



Tren kecepatan upload dan download IndiHome dalam enam bulan terakhir juga makin memanjakan pelanggan diatas 10 Mbps. Sejak Juli 2021, kecepatan download IndiHome melebihi paket kecepatan yang dipilih.


Komentar

Tampilkan

  • Kompetisi layanan internet kian tajam
  • 0

FEC MEDIA NETWORK

Topik Populer

Iklan Dalam Feed